Senin, 13 April 2015

Pura Kelasa dan Kolam Awet Muda di Taman Narmada Lombok

      Setelah dari Jawa Timur kita kembali ke pulau Lombok untuk berwisata sejarah. Pulau Lombok ternyata menyimpan banyak cerita legenda, mitos dan kerajaan yang menjadi latar belakang dari suatu tempat atau lokasi wisata. Salah satunya adalah Taman Narmada yang telah dibangun sejak tahun 1805 oleh Raja Mataram Lombok saat itu yaitu Anak Agung Ngurah Karangasem. Pada awal dibangunnya Taman Narmada diperuntukkan untuk kegiatan upacara Pakelem atau tempat memohon keseimbangan dunia, selain itu juga Taman Narmada juga digunakan sebagai tempat peristirahatan para Raja dan keluarga raja dari kerajaan Mataram Lombok. Nama Narmada sendiri diambil dari nama sungai suci di India. Menurut beberapa sumber, pembangunan Taman Narmada dibuat menyerupai kondisi yang ada di puncak Gunung Rinjani. Sebagai puncak tertinggi dari Taman Narmada dibangun sebuah pura yaitu Pura Kelasa dengan bentuk bangunan menyerupai punden berundak dan merupakan salah satu pura tertua di Lombok. Di desain menyerupai kondisi dari gunung Rinjani, maka untuk menuju pura Kelasa anda harus melewati puluhan anak tangga. 

Pura Kelasa sebagai puncak dari Taman Narmada yang mengadopsi suasana puncak Gunung Rinjani
   Taman Narmada tidak hanya memiliki pura saja, layaknya taman pada umumnya di Taman Narmada ini juga dapat kita jumpai beberapa kolam air yang oleh masyarakat sekitar dipercaya dapat membuat orang yang mandi atau membasuh muka dengan air di kolam tersebut menjadi awet muda. Tidak heran apabila banyak pengunjung yang sering memadati pemandian di taman Narmada. Selain kolam pemandian juga terdapat beberapa kolam yang juga menambah keindahan dari taman Narmada. 

Salah satu kolam di Taman Narmada yang menjadi daya tarik wisatawan

   Sebagai lokasi wisata Taman Narmada termasuk objek wisata yang tidak terlalu sulit untuk ditemukan, hal ini karena pada zaman kerajaan digunakan sebagai tempat peristirahatan raja sehingga dibangun di dekat pusat kota. Secara geografis Taman Narmada berlokasi di desa Lembuah, kecamatan Narmada, kabupaten Lombok Barat. Berjarak sekitar 10 km ke arah timur kota Mataram taman Narmada dapat ditempuh dengan waktu sekitar 20 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

    Demikian info yang dapat saya berikan mengenai Taman Narmada Lombok, bagi yang liburan ke Lombok dan tertarik dengan wisata sejarah mungkin tempat ini bisa menjadi salah satu referensi liburan anda. Semoga info ini bermanfaat, apabila terdapat kesalahan atau informasi yang kurang bisa meninggalkan kritik dan saran pada kolom komentar. Have a nice trip, SALAM BAWA KEBALI SAMPAH KITA. My Trip My Adventure. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar