Sabtu, 11 April 2015

Air Terjun Aling-Aling Desa Sambangan, Paradise Fallnya Buleleng

Happy weekend all, weekend ini udah ada rencana perjalanan liburan kemana nih? Bagi yang udah punya rencana selamat menikmati weekend ya, tapi bagi yang belum punya referensi mau kemana weekend ini bisa memasukkan Air Terjun Aling-aling sebagai salah satu tujuan wisata khusunya bagi kalian yang berada di seputaran Buleleng-Bali atau yang sedang liburan di Bali.

Air Terjun Aling-aling, Paradise Fall,nya Buleleng
      Air terjun Aling-aling adalah salah satu air terjun yang cukup tinggi yang dimiliki oleh kabupaten Buleleng. Air terjun Aling-aling tepat berada di desa Sambangan, kecamatan Sukasada, Buleleng-Bali. Air terjun Aling-aling memiliki ketinggian air terjun sekitar 35 m. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan air terjun lain pada umumnya. Berasal dari satu aliran sungai, air terjun ini memiliki dua aliran air yang berbeda yang terpecah pada bagian puncak air terjun dengan debit air yang berbeda. Bagian air terjun sebelah kiri memiliki debit air lebih kecil dibandingkan dengan air terjun yang bagian kanan. Tanaman merambat dan pepohonan yang rindang dibagian kanan dan kiri yang mengelilingi air terjun menambah keindahan air terjun ini. Pada bagian bawah air terjun terdapat cekungan (orang bali menyebutnya tibuan) yang cukup dalam yaitu sekitar 4 m. Bagi anda yang suka mencoba hal extreme anda bisa mencoba melompat, berenang dan berendam dicekungan ini. Saran saya tetap hati-hati karena banyak batu dibagian bawah cekungan air tersebut dan arus air bisa berubah sewaktu-waktu.

Air Terjun Aling-aling yang unik pada aliran airnya
    Untuk menuju air terjun Aling-aling, bagi anda yang berlokasi diseputaran Singaraja dan sekitarnya anda bisa menuju ke arah SMA N 2 Singaraja, lurus ke arah selatan hingga menemui Balai Desa Sambangan selanjutnya belok kiri dan ikuti saja jalan hingga nanti menemukan SD (maaf saya lupa SD berapa) tapi yg jelas setelah SD tersebut ada jalan menanjak yang cukup curam, sekitar 500 m dari SD tersebut disebelah kiri jalan adalah tempat parkir dan loket untuk masuk ke air terjun. Sedangkan bagi anda yang dari arah Denpasar, bisa melalui jalan Denpasar-Singaraja hingga sampai pada terminal Sangket-Sukasada. Ikuti jalanan ke arah barat yang menurun hingga menemui jembatan Sangket ikuti terus jalan tersebut hingga anda melihat Balai Desa Sambangan belok ke kiri, selanjutnya sama dengan arah yang telah saya jelaskan sebelumnya. Tiket masuk ke air terjun berubah-ubah kadang Rp 5.000,-/org kadang juga hanya memberikan seiklasnya pada kotak yang telah disediakan.

Dari tempat anda memarkir motor, untuk menuju air terjun anda harus tracking  sekitar 500 m untuk mencapai air terjun ini. Tracking akan melewati areal persawahan dan beberapa sungai kecil yang memanjakan mata sehingga anda tidak akan merasa capek atau jenuh selama perjalanan.

Sungai kecil sebelum masuk ke air terjun
      Setelah melewati sungai kecil anda akan melewati ladang yang selanjutnya menuntun anda sampai pada jejeran anak tangga yang harus anda turuni. Tetap hati-hati selama menuruni anak tangga karena beberapa anak tangga ada yang licin. Setelah menuruni beberapa anak tangga anda akan menemui tanah datar yang terdapat semacam gazebo (istilah bali sekepat) yang pemandangannya langsung ke air terjun anda bisa foto-foto disini. Tapi kurang afdol rasanya kalo ke air terjun tapi tidak langsung turun ke air terjunnya. Menuju ke bawah air terjun anda harus melewati ratusan anak tangga yang cukup curam, selalu hati-hati ketika berjalan. Mungkin bagi beberapa orang yang jarang tracking perjalanan ini pasti sangat melelahkan, tapi jangan takut setelah anda sampai dibawah anda akan disuguhi beberapa pemandangan yang sangat memikat. Terdapat aliran sungai yang jernih, sungai yang membentuk semacam kolam dan beberapa air terjun kecil. Hal ini akan menenangkan otak dan jiwa anda.

Air Terjun kecil sebelum menuju air terjun utama

Aliran sungai dari air terjun Aling-aling yang jernih

Aliran sungai yang membentuk kolam, sangat menarik hati
      Bagi anda yang belum puas dengan air terjun Aling-aling saja, disekitar air terjun aling-aling juga terdapat beberapa air terjun lainnya yang juga memiliki keindahannya masing-masing. Beberapa air terjun itu diantaranya adalah Air Terjun Cemara, Air Terjun Dedari dan Air Terjun Kroya. Saat ini wisata air terjun Aling-aling sudah berkembang dan dikelola sehingga ada beberapa wahana wisata yang bisa anda nikmati untuk biaya menikmati wisata tersebut berdasarkan dari masyarakat sekitar menyebutkan harganya berbeda-beda tergantung paket yang diambil mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu.

Demikian informasi yang dapat saya berikan mengenai Air Terjun Aling-aling. Bagaimana apakah anda sudah ada refensi untuk weekend minggu ini? Semoga informasi ini bermanfaat, jika ada kesalahan atau kekurangan info mohon dishare di kolom komentar dibawah. Have a nice trip dan SALAM BAWA KEMBALI SAMPAH KITA. My Trip My Adventure.