Kamis, 09 April 2015

Pura Batu Bolong Lombok, Wisata Alam sekaligus Religi

         Sebagai postingan pembuka saya mulai dari pulau di sebelah timur Bali. Benar sekali dari Pulau Lombok. Seperti halnya pulau Bali, pulau Lombok juga menyimpan eksotika alam dan budaya tersendiri. Bahkan pura-pura indah yang umumnya terdapat di Bali juga terdapat di Lombok. Salah satu pura yang menarik perhatian saya adalah pura Batu Bolong yang terletak di Lombok Barat tepatnya di bebatuan dekat Pantai Senggigi, Batu Layar, sebelah barat laut kota Mataram. Dinamakan dengan Batu Bolong, karena letak pura atau tempat ibadah umat hindu ini terletak diatas batu hitam pantai Senggigi yang memiliki lubang pada bagian dalam batunya. 

Pura Batu Bolong di Lombok Barat
      Sepintas dengan melihat letak pura yang berada pada bagian atas batu karang hitam yang menjorok ke laut, kita akan teringat pada Pura Tanah Lot yang terkenal di Bali. Menurut sumber (wisatalombokaja.blogspot.com) pura Batu Bolong ini berhadapan langsung dengan selat Lombok dan menghadap langsung ke Gunung Agung di Bali. Kondisi ini akan semakin meningkatkan atmosfir spiritual yang dimiliki oleh pura ini, sehingga membuat umatnya (umat Hindu) lebih tenang dalam menghaturkan puja dan bhaktinya. Keindahan dari pura ini tidak hanya dari struktur dan letak bangunannya yang berada diatas batu karang, tetapi juga pada suasana yang dihadirkan terutama ketika matahari terbenam. Warna langit yang biru dan jingga, serta warna bebatuan yang menghitam menimbulkan suatu siluet keindahan alam yang sangat mempesona. Kondisi pantai yang masih cukup asri dengan tidak adanya sampah membuat pesona keindahan pantai Pura Batu Bolong semakin menawan. 

Sunset di Pura Batu Bolong, Lombok Barat

         Seperti di Bali pada umumnya, pura Batu Bolong ini juga dijadikan tempat wisata dan setiap orang bisa menikmati keindahannya (kecuali orang yang sedang berduka atau bagi wanita yang sedang datang bulan tidak diijinkan masuk karena memang pura adalah tempat suci). Bagi pengunjung yang non hindu dan ingin menikmati keindahan pura Batu Bolong, kamera digital adalah wajib hukumnya untuk dibawa, karena keindahan seperti ini sayang untuk dilewatkan. Untuk  menikmati pemandangan pantai Batu Bolong, aksesnya sangat mudah. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari Kota Mataram (ibu kota Prov. NTB) yaitu hanya 12 km, membuat pantai ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, selain itu letak pintu masuknya juga tepat ditepi jalan besar yang menuju ke pantai Senggigi. Jika anda yang berwisata ke Lombok tidak menggunakan kendaraan pribadi lokasi ini juga dapat ditempuh dengan kendaraan umum (seperti bus) atau dengan taxi dari kota Mataram. 

        Sekian sharing saya tentang Pura Batu Bolong, Lombok Barat, semoga bisa bermanfaat. Jika ada informasi yang kurang atau keliru mohon untuk meninggalkan komentar di bawah. Terimakasih, Have a nice trip, Salam bawa kembali sampah kita. My trip My Adventure.

1 komentar: